Translator

PENDAHULUAN TENTANG BISNIS INVESTASI (HYIP)

  • Apa Itu HYIP ?

HYIP adalah program investasi yang menawarkan hasil tinggi dengan cepat. Seperti bermain saham, semakin banyak yang anda investasikan, semakin tinggi perolehan anda.
Bedanya dengan saham adalah HYIP dapat memberikan hasil lebih dari sebuah investasi yang berjumlah kecil atau minim.
HYIP dapat melakukan hal ini karena sebagian sokongan dana mereka diperoleh dari keanggotaan baru. demikian HYIP dapat bertahan lama atau tidaknya.


Mereka harus memiliki cara legal lainnya untuk menghasilkan pendapatan. Jika tidak, maka HYIP itu benar-benar bergerak memakai skema Ponzi dan dipastikan tak akan bertahan lama. Hal ini akan didiskusikan lebih lanjut di akhir artikel.

Ada dua tipe HYIP yang populer di internet: HYIP yang memungkinkan seseorang tidak melakukan apapun kecuali menanamkan uang dan HYIP yang meminta orang tersebut melihat-lihat iklan.

Yang terakhir ini meraih cukup banyak popularitas dengan konsep yang dikenal sebagai autosurf. Autosurf berbasis HYIP bekerja dengan prinsip yang sama seperti televisi: menawarkan sesuatu secara gratis pada para anggotanya atas imbalan "menonton" iklan. Dalam kasus autosurf HYIP, barang gratisan tersebut adalah uang. Bila sebuah autosurf tidak berbasis HYIP, yang ditawarkan umumnya adalah kredit iklan bagi para anggotanya. Semakin banyak kredit yang didapat, semakin banyak kesempatan yang diberikan pada para anggotanya untuk beriklan.

  • Perbedaan HYIP Legal dan HYIP Ilegal ?

Bagaimana cara membedakan HYIP resmi dengan HYIP penipuan?
Di bawah ini ada beberapa faktor yang umum dimiliki HYIP resmi :

1) HYIP resmi memperoleh revenue dari banyak sumber.

Pendaftaran anggota saja tidaklah cukup untuk membuat HYIP resmi tetap beroperasi dengan Sempurna. kalo memang di kemudian hari tidak ada anggota baru lagi, sumber pendapatan HYIP tersebut akan berkurang. Jadi, cara menyiasati sebuah HYIP resmi, mereka akan menjual produk, layanan, atau berinvestasi di bursa saham di DUNIA NYATA.

2) Pemilik usaha HYIP resmi dapat dihubungi.

Pemilik usaha HYIP yang serius dalam menjalankan investor membernya. Artinya mereka pasti akan mendirikan perusahaan secara resmi dan membuka informasi kontak mereka.
Jika webmaster HYIP tersebut tak dapat memberikan informasi valid tentang "perusahaan" mereka,
bahkan hanya nomor telepon sekalipun tidak di cantumkan, Hati-Hati mereka adalah penipu.

3) HYIP resmi mendapat banyak masukan positif.

HYIP monitor adalah situs-situs yang mengevaluasi HYIP.
Jika mereka membayar, mereka mendapat rating positif. Jika tidak, mereka mendapat rating negatif. HYIP resmi biasanya selalu memperoleh rating positif dari para HYIP monitor.
HYIP resmi juga memperoleh feedback positif hampir dari seluruh penjuru internet, sebagai contoh, mendapat ribuan testimonial positif dari orang-orang di berbagai website atau forum.
Browsing DULU Bro,..!

  • Ciri ciri HYIP yang layak Diikuti :

Berdasarkan persentase dan tempo pembayarannya, umumnya HYIP dibagi ke dalam tiga kategori utama.
1)Long Term : Program investasi high yield dengan persentase return antara 0.1–2% perhari, dengan tempo pembayaran antara 120, 160, 180, 200, 300 hari. Biasanya berumur cukup panjang. Sampai beberapa bulan bahkan beberapa tahun.
2)Mid Term : Profit antara 3–10% perhari dalam tempo 40, 50, 60 hari. Ada juga yang memberi pengembalian 20–35% untuk jangka waktu 4–7 hari, sangat variatif. Banyak dari HYIP model ini berumur tak lebih dari 100 hari, bahkan ada yang hanya beberapa puluh hari saja.
3)Short Term : Tingkat return yang sangat tinggi. 100 atau bahkan 500 sampai 1000% per hari. Sangat        beresiko tinggi, jarang yang berumur lebih dari seminggu bahkan banyak yang hanya sehari saja.
HYIP seperti ini lebih baik dihindari saja karena hampir semuanya adalah SCAM (penipuan).

Dari pengalaman saya, ada beberapa kriteria HYIP yang cukup layak untuk anda investasikan uang anda dan kemungkinan anda bisa profit atau setidaknya tidak rugi banyak kalau berinvestasi,
HYIP ini setidaknya harus memenuhi 8 dari 11 kriteria di bawah ini :
1)HYIP harus sudah beroperasi setidaknya lebih dari 30 - 60 hari, jangan investasikan uang anda keHYIP    yang kurang dari 30 hari (1 bulan). Kecuali kamu mau strategi hit & run.
2)Cara Pembayarannya tidak bermasalah, jarang telat atau HYIP yg ratingnya bagus di mata investor selama jangka waktu atau lamanya beroperasi. Ini anda bisa cek di user rating atau di forum-forum.
3)Profit yg ditawarkan harus masuk akal (1% - 4% atau dibawah 5% perhari), selebihnya tidak akan bertahan lama dan tidak mungkin sampai tahunan, umumnya sampai mingguan atau bulanan. (kecuali ada perusahaan RESMI yang membackup HYIP tersebut bisa sampai tahunan)
4)Situs program jarang bermasalah atau jarang Eror, kalau situs terlalu sering Eror atau bermasalah akan sulit bagi investor untuk menarik uangnya apabila sistem pembayaran HYIP manual atau instant dan biasanya akan segera tutup (scam).
5)Plan investasi tidak berubah atau ada penambahan plan investasi baru dalam jangka waktu belum 1 tahun HYIP beroperasi. Biasanya HYIP yang menawarkan program baru dengan profit makin tinggi dari yang program lama seperti ini berarti sudah mau tutup dan kalau yang menawarkan penurunan profit. berarti HYIP sedang kesulitan dana.
6)Investasi minimalnya di atas $1 atau setidaknya $5. Secara logika $1 tidak pantas untuk dipakai untuk investasi.
7)Situs sebaiknya mempunyai sekuriti semacam DDOS protection, SSL 128 bit dan lain sebagainya. HYIP yang mempunyai situs demikian lebih aman dari serangan para hacker dan mengindikasikan mereka serius, karena mereka mengeluarkan modal besar untuk membeli program proteksi tersebut.
8)Situsnya tidak dibuat memakai script pasaran yang banyak dijual oleh penjual script. Anda pasti bisa membedakan kalau anda sudah sering berkecimpung di HYIP.
9)Situs sebaiknya memiliki akses database dalam arti anda bisa register, login dan mengecek hasil investasi anda. Banyak HYIP Indonesia yang menawarkan investasi lewat SMS yang ternyata 100% menipu. Kalau di luar negeri banyak juga HYIP yang situsnya hanya untuk akses menyetor uang ke rekening mereka dan tanpa mempunyai fitur database untuk mengecek status investasi.
10)Pilih HYIP yang banyak memasang iklan (banner) di situs lain, karena yang pasang iklan berarti mereka telah keluar modal besar yang mengindikasikan mereka serius.

  • Bagaimana Cara Berinvestasi di HYIP ?

 Cara terbaik berinvestasi adalah dengan mulai nanam modal kecil-kecilan dan "resikokan" sebanyak yang anda mampu  saja. "ingat" Resiko adalah kata kuncinya, karena tidak ada cara lain untuk mengetahui apakah sebuah HYIP itu resmi atau tidaknya sampai kita mulai berinvestasi atau memulai deposit di HYIP tersebut. Namun demikian, resiko tersebut dianggap sepadan oleh investor bila hasil yang diberikan sangatlah tinggi. Begitu para investor mendapati HYIP yang Bagus, mereka akan segera berusaha menarik Profit awal dengan secepat mungkin. Setelah itu, mereka berinvestasi menggunakan profit sehingga resiko kehilangan dapat diminimalkan Jika terjadi sesuatu dengan HYIP tersebut  tidak jadi soal karena mereka bermain dengan hasil profit sebelumnya.

Perlu Diperhatikan :
1. Jangan re-invest atau menambah investasi anda terus menerus sebelum anda BEP (break even point) atau balik modal. Anda harus pasang target berapa yang harus anda investasikan, setelah itu anda stop dan nikmati profit. Dari profit yang ada setelah anda balik modal terserah anda ingin investasikan kembali atau investasikan ke HYIP lainnya

2. Jangan pernah “compounding” atau memakai fasilitas bunga berbunga (bunga majemuk) yang ada pada program HYIP, kecuali sudah balik modal. Jangan investasikan kembali profit yang anda dapatkan, tetapi tariklah setiap saat kalau anda sempat.

3. Investasikan uang nganggur anda atau uang yang tidak terpakai atau uang yang anda rela untuk hilang karena setiap investasi ada resikonya dan HYIP juga demikian. Bedanya HYIP tergolong investasi yang HIGH PROFIT dan HIGH RISK di mana resiko anda mendapatkan profit yang tinggi anda harus perhitungkan apakah sepadan atau tidak dengan resiko yang anda tanggung bila mendadak HYIP tersebut tidak membayar anda

4. Pasang target perolehan anda dan jangan serakah. Memang banyak HYIP yang menawarkan profit yang mengiurkan dan ketika anda invest dan kebetulan anda untung jadi anda tergiur untuk mendapatkan “lebih”. Saran saya jangan sekali-kali anda tergoda dengan meminjam uang, menjual barang atau memakai uang anda lebih dari 10% dari total yang ada untuk investasi di sini kecuali anda sudah berpengalaman. Sekali lagi saya ingatkan investasi ini beresiko tinggi. Pasang target investasi anda misalnya anda cuma invest maksimal 10 juta di sejumlah HYIP dan kalau balik modal, dari profitnya baru diinvestasikan lagi kalau rugi anda wajib berhenti.

5. Diversifikasi atau pengalihan investasi ke beberapa program investasi atau yang dikenal dengan pepatah “jangan menaruh telor dalam satu keranjang”. Semua di dunia ini tidak ada yang abadi apalagi program investasi seperti HYIP yang bisnisnya dilandaskan azas kepercayaan. Anda percaya anda invest, kalau ragu-ragu mending jangan.

6. Jangan memasukan uang ke dalam HYIP apapun lebih dari $10,000 sebelum anda yakin bahwa HYIP tersebut punya record membayar investor yang investasinya besar, karena ada HYIP yang tidak membayar investornya kalau sudah investasinya di atas ribuan dollar tapi membayar yang investasi kecil (puluhan sampai ratusan) supaya rating mereka bagus.


Percaya atau tidak, ada ribuan bahkan jutaan orang yang berhasil meningkatkan pendapatan melalui HYIP, walaupun jumlah HYIP penipuan sangatlah banyak, walaupun tetap ada resiko kehilangan.
Para investor terus bermain di HYIP karena hasil yang diperoleh sangatlah luar biasa.

Menurut Saya sah-sah ajah deh,..!! tetapi memang tiap orang kan punya tujuan masing masing berbeda dalam berinvestasi, kalo emang niat HYIP dijadikan income harian anda, caranya ya harus maksimal. Siapkan modal (uang yang tak berguna bagi anda) dan tentukan target income anda, dari situ anda bisa mengira2 berapa modal yang akan digunakan (termasuk cadangannya bila kena scam)..lebih bagus lagi kalo anda mampu menabung dari keuntungan HYIP lalu tabungan tersebut digunakan nambah2 modal untuk usaha di dunia nyata yang menurut anda prospek. dan jadikan itu Penghasilan UTAMA anda untuk menghidupi anda dan keluarga anda.